Selasa, 19 Februari 2013

Kenali Gejala Penyakit Hepatitis A


Jakarta: Meski bisa merebak dengan cepat, Hepatitis A merupakan golongan penyakit hepatitis yang tergolong ringan dibandingkan Hepatitis B dan C. Karena itu, Hepatitis digolongkan sebagai penyakit hepatitis ringan yang jarang menyebabkan kematian.
Virus penyakit ini menyebar melalui kotoran atau feses penderita yang penularannya melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi. Hepatitis A memiliki masa inkubasi dua hingga enam pekan sejak penularan terjadi, barulah penderita menunjukkan beberapa gejala.
Pada pekan pertama, penderita akan mengalami sakit kuning, keletihan, demam, hilang selera makan, muntah-muntah, pusing, dan air seni berwarna hitam pekat. Penderita yang mengalami gejala Hepatitis A sebaiknya tidak terlalu banyak beraktivitas dan segera ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan pengobatan atas gejala yang timbul.
Pengobatan bisa dengan paracetamol untuk demam dan pusing, vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan nafsu makan, serta obat untuk mengurangi mual dan muntah. Namun, tentulah lebih baik mencegah daripada mengobati.
Untuk menghindari tertular virus ini, upaya pencegahan bisa dilakukan dengan mencuci tangan dengan bersih serta imunisasi bagi seseorang yang berada di sekitar penderita. Dan jangan lupa, jaga juga kebersihan makanan dan minuman yang Anda santap.(ADO)

0 komentar:

Posting Komentar